6 Cara Mempercepat Kinerja Android

Cara Mempercepat Kinerja Android – Sejak kemunculannya, android cukup menyedot perhatian dan mengundang banyak peminat, makanya tidak berlebihan jika ada yang menjuluki bahwa android adalah ponsel sejuta umat. Karena memang lebih dari 60% pengguna jasa internet pada saat ini adalah melalui android. 

Popularitas android tentunya bukan tidak beralasan, seiring perkembangannya android di dukung oleh ribuan aplikasi yang unggul dan berkualitas untuk memanjakan konsumennya ditambah lagi, si pengguna dimudahkan dan dibebaskan untuk mendowload dan menginstall berbagai aplikasi sesuai keinginannya.

Kemudahan untuk menambah berbagai aplikasi yang bagus pada android tentunya juga berdampak terhadap kinerja android itu sendiri, misalnya menyebabkan kinerja melambat karena memorinya tersedot untuk aplikasi tambahan itu. 

Hal ini termasuk salah satu kelemahan aplikasi android. Nah, untuk menanggulangi permasalahan itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips; Cara mempercepat kinerja android. Silahkan simak dengan baik-baik!

baca juga : Download 10 Antivirus Terbaik untuk Android Gratis | Update !!!

Cara Mempercepat Kinerja Android

  • Membersihkan Cache secara Rutin

Cache adalah log aplikasi atau game yang sudah dipakai. Cache selalu menyimpan history dari pemakaian aplikasi atau permainan game. Semakin banyak kita membuka aplikasi atau memainkan game, maka akan semakin banyak cache yang mengendap sehingga membuat kinerja android berkurang.
  • Silahkan Uninstall aplikasi yang sudah tidak dipakai

Karena keterbatasan kapasitas perangkat android, semakin banyak aplikasi atau game yang terinstall maka akan menyebabkan kinerja juga lambat. Maka silahkan uninstall aplikasi yang kira-kira tidak terpakai atau pemakaiannya yang kurang maksimal. Kecuali, aplikasi bawaan yang tidak dapat di uninstall atau di hapus, tapi dapat disiasati dengan cara menonaktifkannya (disable).
  • Membatasi Bidget dan Live Wallpaper

Memang dengan menggunakan widget akan memudahkan pengguna untuk bernavigasi menuju aplikasi, akan mendapatkan informasi dan pembaritahuan dengan tanpa harus membukan aplikasinya. Akan tetapi, penggunaan widget yang terlalu banyak akan menyedot baterai dan mengurangi kinerja perangkat android.
  • Menggunakan Aplikasi Clean Master

Gambar : Clear Master


Jika dengan cara membersihkan Cache, meng-uninstall aplikasi dan membatasi pengunaan widget ternyata belum juga meningkatkan kinerja android secara signifikan dan masih menyebabkan lemot, maka kita bisa memakai jasa pembersih sampah yang cukup handal semisal Clean Master. 

Karena perlu diketahui bahwa saat kita meng-uninstall aplikasi android, data cache yang ada pada aplikasi tersebut tidak otomatis akan ikut terhapus, di sinilah peran Aplikasi Clean Master. Aplikasi ini juga mampu membersihkan cache di aplikasi yang masih terinstall dan juga sampah yang memenuhi memori. 

Aplikasi ini bisa di download melalui Google Play Store. Setelah terinstall, aplikasi ini menyuguhkan empat proses opsi yang siap membantu membersihkan sampah-sampah perangkat android kita. Keempat proses tersebut adalah History, Privacy, Memory Boots dan App Manager. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda mencobanya!
Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja android adalah dengan melakukan update android baik mayor atau minor.  Caranya yaitu pergi ke menu Settings About phoneSystem updates. Cara ini umum dan cukup ampuh untuk meningkatkan kinerja android kita.
  • Rooting

Langkah yang paling jitu untuk meningkatkan kinerja android kita adalah melakukan modifikasi Android dengan cara rooting atau ROMing. Namun cara ini cukup beresiko, yang perlu diperhatikan, untuk melakukan aktivitas ini Anda harus paham betul cara-caranya. Jika tidak, bisa bisa Android anda yang “lenyap”.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mempercepat kinerja android yang mulai lambat. Selamat mencoba. Terimakasaih.

Saran artikel : 
CM Security Applock Antivirus | Antivirus Terbaik untuk Android Gratis dan Teruji
Download 10 Antivirus Terbaik untuk Android Gratis | Update !!!