8 Tips Menghemat Baterai Laptop / Notebook terbaik dan terbaru 2015


Infokubagus.com – Tips ini akan sangat membantu kita yang terbiasa bepergian sambil menggunakan laptop / notebook. Karena bagi mereka yang mempunyai aktifitas seperti ini biasanya mempunyai masalah terhadap daya tahan baterai laptop atau notebooknya.

Baterai laptop cepat habis

Tentunya kita harus mengetahui cara-cara menghemat baterai laptop kita untuk meminimalisir masalah tersebut. Semoga seteleh membaca artikel ini, memahaminya dan mempraktekkannya akan membantu aktifitas outdoor anda. 

Cara atau tips yang akan saya sampaikan ini memang tidak berlaku untuk baterai yang sudah soak atau drop, karena tidak ada cara lain untuk kasus ini kecuali mengganti baterai baru.

Materi ini secara umum mungkin sama dengan materi sebelumnya yaitu cara merawat baterai laptop dengan baik danbenar, tapi ada bebarapa hal baru yang berbeda dan belum tercover pada materi tersebut.
tips menhemat baterai laptop
Diagram aliran daya listrik baterai laptop

Cara kerja baterai laptop

Sebelum lebih jaun membahas tips dan cara menghemat baterai laptop, akan terlebih dahulu saya sampaikan tentang cara kerja baterai laptop dan kemana aliran listriknya.

Dengan memahami cara kerja baterai laptop, diharapkan kita tau seluk beluk baterai dan mampu menentukan langkah-langkah untuk menghemat pemakaian baterai laptop yang kita miliki.

Aliran listrik terbesar dari baterai akan mengalir ke layar montior atau LCD, sehingga dapat disimpulkan bahwa layar monito atau LCD adalah komponen laptop yang paling banyak memakan energi baterai dari laptop.

Tips dan Cara menghemat baterai laptop dan Notebook


  • 1.      Setelah mengetahui cara kerja baterai laptop, makah hal pertama yang harus dilakukan untuk menghemat baterai laptop adalah mengatur kecerahan layar monitor atau LCD dengan modus hemat baterai.

  • 2.      Melakukan efisiensi perangkat lain seperti hardisk drive, penghematan baterai untuk WiFi, prosessor, grafis dan perangkat lainnya.

  • 3.      Kita juga dapat mengatur kapas kipas akan hidup, apakah sesuai dengan sisterm operasinya (default) atau sesuai dengan pangaturan yang kita kehendaki.

  • 4.      Silahkan matikan bebarapa fitur yang tidak dugunakan tapi masih aktif. Misalnya Wifi, bluetooth, LAN card maupun fitur lainnya yang sementara tidak diperlukan.

  • 5.      Sementara hindari penggunaan perangkat eksternal seperti hardisk eksternal, flashdisk, speaker, atau perangkat luar lainnya. Karena beberap perangkat ini akan menguras daya baterai laptop anda.

  • 6.      Selain hardware, penggunaan sebagian software juga akan mengurangi daya tahan baterai. Apalagi jika banya aplikasi yang berjalan di layar atau background.

  • 7.      Gunakanlah mode hibernate pada baterai, mode ini menjadi solusi yang bagus jika kita tidak menggunakan laptop atau notebook tanpa harus mematikan aplikasi yang digunakan.

  • 8.      Selanjutnya yang terakhir adalah anda harus melakukan perawatan baterai laptop atau notebook, agar dapat berumur panjang. Untuk lebih jelasnya tentang tips yang terakhir ini silahkan baca cara merawat baterai laptop dengan baik dan benar.

Oke, demikian 8 tips menghemat baterai laptop, semoga bermanfaat.

Post a Comment