Cara Aman Mengeringkan Ponsel yang Basah



Ponsel yang basah, tercebur ke dalam air, atau tersiram air mungkin pernah terjadi diantara kita. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini.

Ponsel yang basah merupakan masalah yang cukup serius, karena kalau tidak segera ditangani dengan tepat, maka ponsel tersebut akan mati total dan tidak dapat dihidupkan kembali.

Berikut akan saya akan coba sharing beberapa trik yang aman untuk menangani masalah ini, yaitu ponsel yang sudah terlanjur basah tersiram / terjebur ke dalam air.
Cara Aman Mengeringkan Ponsel yang Basah
Ponsel Basah

Cara mengeringkan handphone yang basah

  • 1.      Jangan panik

  • 2.      Segera matikan ponsel (kalau gak malah sudah mati terlebih dahulu)

  • 3.      Segera cabut baterai

  • 4.      Segera cabut kartu SIM dan kartu Memorinya

  • 5.      Segera di Lap dengan kain yang mudah menyerap air

  • 6.      Jangan sembarangan memakai alat pengering

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan ponsel, karena walaupun bagian luar ponsel sudah di lap pakai kain, biasanya air masuk ke dalam perangkat ponsel. Nah disini ada alat pengering yang tidak boleh dipakai dan yang seharusnya dipakai.

a.       Alat pengering yang tidak dianjurkan dipakai.

-          Sinar matahari (karena akan menimbulkan pengembunan, sehingga yang kering hanya bagain luarnya saja, tapi bagian dalamnya justru kadar airnya meningkat)
-          Didekatkan dengan kompor (juga akan menimbulkan pengembunan)
-          Didekatkan dengan mesin (sama juga akan menimbulkan pengembunan)
-          Pakai kipas angin juga berbahaya, karena ditakutkan akan mendorong air masuk lebih jauh ke dalam perangkat ponsel

b.      Alat pengering yang dianjurkan dipakai

-          Beras

Beras dikenal cukup ampuh sebagai alat pengering karena kemampuan serapnya yang cukup tinggi. Beras juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan bagian dalam ponsel yang basah, caranya;
·         Pisahkan baterai, casing, kartu dan perangkatnya
·         Bungkus perangkat ponsel dengan tisu atau kertas yang tipis, untuk melindungi kotoran beras masuk ke dalam perangkat ponsel
·         Timbun ponsel ke dalam beras
·         Masukkan timbunan beras ke dalam wadah yang kedap udara, bisa menggunakan tempat makan (tupperware, dll)
·         Tunggu kurang lebih satu hari, sesuai dengan kadar air yang masuk kedalam ponsel
-          Silica Gel

Silica gel mempunyai kemampuan serap yang lebih bagus daripada beras, cara menggunakannya sama ketikan pakai beras. 

Hanya saja ponsel tidak perlu dibungkus pakai tisu atau kain tipis karena silica gel lebih bersih dan tidak harus membutuhkan waktu yang lama. Silica gel biasanya tersedia di toko yang menjual alat-alat fotografi dengan harga yang murah, cuma beberapa ribu Rupiah. 

Atau, tiap kamu beli sepatu, peralatan komputer, makanan kalengan biasanya terdapat silica gelnya, dikumpulin aja untuk antisipasi ketika ponsel kita basah.

Jika cara di atas sudah dilakukan, maka coba hidupkan ponsel dan coba di charger , normal atau tidak? Coba cek suaranya? Coba cek cameranya? Coba cek yang lainnya?

Kalau sudah dicek belum juga hidup atau ada yang tidak normal, maka janga panik dulu, silahkan bawa ponselmu ke tempat service. Terimakasih.

Post a Comment