Cara Mengetahui Persaingan Keyword dan Mengukur Kekuatan Lawan


Infokubagus.com - Artikel ini adalah kelanjutan dari  2 artikel sebelumnya, yaitu Cara menulis artikel yang berkualitas dan Cara riset keyword dengan google keyword planner, yang menjelaskan tentang jumlah pencari keyword (kata kunci) tiap bulannnya dan kompetisi keyword itu sendiri secara umum. 

Cara Mengetahui Persaingan Keyword dan Mengukur Kekuatan Lawan
Mengukur kekuatan lawan
Sebenarnya dua materi tersebut belum langsung bisa dijadikan dasar dalam menulis dan menentukan keyword (kata kunci) yang tepat untuk artikel suatu blog. Mengapa?

Karena keyword (kata kunci) yang paling baik (ideal) adalah mempunyai jumlah pencari yang banyak dan sedikit persaingannya. Kalau hal ini tidak memungkinkan (karena memang sulit mencarinya), maka memakai alternatif yang kedua. 

Alternatif kedua yaitu, keyword (kata kunci) yang jumlah pencarinya menengah atau bahkan kecil tidak mengapa asalkan persaingannya juga sedikit.

Ada dua tema pokok dalam pembahasn kali ini;

  • 1.      Cara mengetahui persaingan keyword (kata kunci)


a.       Langkah pertama, kita tentukan dulu kata kuncinya. Misalnya kita mengambil contoh kata kunci “resep es krim” yang memiliki jumlah pencari setiap bulannya sebanyak 6.600 dengan kompetisi (persaingan) rendah (low).
Riset Keyword

b.      Langkah kedua, kita coba masukkan kata kunci tersebut di mesin pencari google (google search engine). Untuk mengetahui jumlah seluruh artikel yang terkait dengan kata kunci tersebut. Disini terdapat 419.000 hasil.
Search Engine
c.       Untuk mengetahui jumlah persaingannya secara pasti (real) tambahkan “allintitle:” sebelum kata kunci yang kita masukkan. Real competisinya menjadi 13.000 hasil.
Real Competition
d.      Kalau dengan keyword utama ini “resep es krim” masih terlalu berat persaingannya, kita bisa mencoba keyword turunannya yang ada walaupun dengan jumlah pencari yang jauh lebih sedikit. Dan coba cara ini sampai menemukan kata kunci atau turunannya dengan jumlah persaingan yang rendah (sedikit).

  • 2.      Cara mengukur kekuatan lawan


a.       Langkah pertama, masih dengan kata kunci yang sama yaitu “resep es krim”.
b.      Langkah kedua , kita install add-ons Moz 2.65 ke browser Mozilla Firefox, dengan mengikuti langkahnya di sini.
c.       Setelah tools tambahan itu terinstall maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
d.      Kalau dirasa persaingannya juga masih berat, kita bisa coba keyword turunannya. Seperti cara (1.d) di atas.

Oke, demikian 3 langkah yang cukup lengkah tentang cara menulis artikel yang berkualitas, cara riset keyword dan cara mengetahui kekuatan lawan, sehingga artikel blog kita memang benar-benar terukur dan kita tidak sia-sia hanya asal menulis artikel. Selamat mencoba.


Post a Comment