Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan SEO On Page

Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan SEO On Page – Bagi seorang blogger atau pengelola website, memiliki artikel yang selalu terpasang di halaman pertama mesin pencari (apalagi di nomo urut pertama) adalah selalu menjadi impian bagi mereka. Tapi impian itu tak mudah untuk diraih, apalagi untuk blog yang masih baru. Adapun tujuan dari terpasangnya artikel blog di halaman pertama mesin pencari adalah tentunya untuk meningkatkan jumlah pengunjung, yang akan menaikkan ranking blog itu sendiri dan pada akhirnya juga akan meningkatkan pendapatannya. (ujung-ujung duit...hehe)
Sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara meningkatkan traffic blog dengan SEO On Page, terlebih dahulu kita harus tahu pengertian SEO On Page!

Gambar: SEO On Page

Pengertian SEO On Page (Apa itu SEO On Page?)


SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah trik atau seni tentang bagaimana cara supaya posisi blog kita meningkat dan berada di halaman pertama atau teratas di mesin pencari (Search Engine). Adapun yang dimaksud dengan SEO On Page adalah sebuah ilmu yang di dalamnya terdapat trik untuk meningkatkan ranking artikel blog kita di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya menggunakan halaman artikel itu sendiri.

Secara umum, SEO On Page dibagi ke dalam dua bagian yaitu artikel dan halaman blog itu sendiri.

1. Cara Membuat Artikel Blog agar Sesuai dengan Kaidah SEO On Page


 a. Judul Artikel


Judul artikel adalah faktor yang paling dominan untuk SEO On Page. Diantara caranya adalah dengan mencantumkan kata kunci pada judul artikel blog yang akan kita buat. Untuk mencamtumkan kata kunci pada judul blog, tentunya kita harus terlebih dahulu melakukan riset kata kunci.

Di sini saya hanya ingin memberikan sebagian contoh. Misalnya, ketika kita menuliskan di kotak mesin pencari google sebuah kata kunci “Cara Membuat Blog”, maka di bawah tulisan yang kita ketik akan muncul deretan kata kunci lain yang disebut dengan google suggestion.
Gambar: Google Suggestion

Apa itu Google Suggestion?

Ini merupakan deretan kata kunci yang banyak dicari oleh user di Google. Kata-kata seperti; di google, di blogger, sendiri, di blogspot, keren, yang menarik adalah serangkaian kata yang banyak diketik oleh user di google. Dari gambar tersebut di atas, menurut saya, saya akan menggabungkan beberapa rangkaian kata kunci agar dapat menjadi sebuah judul yang menarik.

Misalnya: Cara Membuat Blog pribadi di blogspot yang menarik dan keren. Mengapa demikian? Karena dari rangkaian kata kunci itu kita akan menghasilkan sebuah judul yang banyak dicari dan mudah ditemukan oleh mesin pencari Google.

Selanjutnya selain Google Suggestion, kita juga bisa menambahkan angka pada judul artikel kita. Misalnya; 5 Langkah Cara Membuat Blog Gratis, 13 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat, 20 Cara membuat es krim spesial, dan sebagainya. Penambahan angka pada judul diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan orang lain terhadap judul artikel blog kita.

b. Jumlah Kata pada Artikel

Sejauh ini belum ada aturan yang pasti berapa jumlah minimal kata dalam setiap artikel blog yang kita posting. Sebenarnya Anda bebas membuat artikel dengan jumlah kata 200, 400, 500, bahkan hingga 3000 kata. Tetapi, pada umumnya para Blogger menggunakan rentang jumlah antara 300 hingga 500 kata untuk membuat sebuah artikel yang standar dan cukup menarik serta bisa membuat pengunjung puas terhadap konten yang diberikan.

c. Internal Link

Dalam pembahasan ini, ketika kita membuat artikel hendaknya kita mencantumkan link ke artikel itu sendiri, home page, dan artikel lainnya yang masih berhubungan dalam satu blog.

2. Elemen-Elemen SEO On Page Selain pada Artikel

a.  URL

URL yang bagus adalah URL yang mengandung kata kunci yang sesuai dengan judul artikel blog. Pada Blogger, URL biasanya terpotong karena judul blog yang terlalu panjang dan sebaiknya kita meng-editnya agas sesuai dengan judul blog.

Contoh judul blog: Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan SEO On Page

Contoh URL: http://www.infokubagus.com/2015/02/cara-meningkatkan-traffic-blog-dengan-SEO-On-Page.html

Untuk meng-edit URL supaya lengkap sesuai dengan judul artikel, maka silakan klik kolom Tautan Permanen pada bagian kanan Dashboard kotak pengetikan artikel. Setelah di klik, akan muncul dua jenis tautan yaitu tautan Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus. Pilih Tautan Permanen Khusus

kemudian kita menuliskan secara manual judul artikel blog yang kita buat dengan memakai tanda “– “sebagai pemisahnya. Perhatikan gambar berikut
Gambar: URL sebelum di edit
Gambar: URL setelah diedit

b. Template

Secara umum Template yang baik adalah yang loadingnya cepat dan responsive. Loading template yang cepat akan memudahkan user untuk membaca konten dari halaman Blog yang satu ke halaman yang lain dengan cepat pula.

Kemudian, template yang responsive adalah template yang dapt menyesuaikan dengan ukuran browser sehingga tidak terpotong halamannya apabila dibuka melalui hp smartphone atau iPad. Hal ini sangat dianjurkan dan akan membantu meningkatkan ranking blog kita, karena pada saat ini hampir 70 persen pengguna internet mengakses melalui hp smartphone mereka untuk membuka halaman blog atau website.