Cara Menyimpan Data di Google Drive


Cara Menyimpan Data di Google Drive – Setiap orang pasti punya data yang penting, baik itu file photo pernikahan, file data skripsi atau tesis, file data perkerjaan kantor atau file-file pribadi yang penting lainnya. 

Namun terkadang data-data penting itu hilang karena laptop yang mati total sehingga harus di install ulang, flashdisk tempat menyimpan data tersebut selip, rusak atau hilang, atau CD / Harddisk external tempat penyimpanan kumpulan data pentingnya raib terbawa banjir.

Cara Menyimpan Data di Google Drive
Google Drive
Semua alat penyimpanan data yang saya sebutkan di atas kemampuannya sangat terbatas, maksudnya ketika hilang atau terjadi kerusakan, habislah riwayat data-data penting kita.

Trus bagaimana solusinya? Simpanlah data-data penting kita di google drive, yaitu salah satu layanan gratis dari google untuk tempat penyimpanan data dalam bentuk apapun dengan kapasitas gratis sebesar 15 GB. Dan kita masih bisa menambah kapasitasnya menjadi lebih besar lagi sesuai dengan kebutuhan, tapi tentunya ada biaya tambahan.

Keuntungan menyimpan data di google drive adalah data kita tidak akan hilang selamnya (kecuali perusahaan google gulung tikar), data kita bisa diakses atau dibuka dimanapun (asalkan ada jaringan internetnya). 

Syarat untuk dapat memanfaatkan layanan gratis google drive adalah harus mempunyai akun google (gmail), kalau masih ada diantara pembaca yang belum mempunyai akun google (email-gmail) silahkan lihat turorial tentang cara membuat email lewat gmail.

Cara menyimpan data online di google drive:

  • 3.      Klik icon menu pada pojok kanan atas, pilih Drive
    Google Drive
  • 4.      Silahkan masukkan email (gmail) dan password-nya
    Input Akun
  • 5.      Namun biasnya kalau anda sudah terbiasa memakai komputer anda untuk membuka akun gmail, maka tampilannya seperti di bawah ini. Jadi tinggal isi passwordnya saja!
    Input password
  • 6.      Maka akan muncul tampilan google drive seperti gambar di bawah ini dan untuk memindahkan data ke dalam google drive dari komputer atau flashdisk, silahkan pilih icon Unggah.
    Tampilan Google Drive
Unggah file
  • 7.      Disana ada dua pilihan file yang akan kita unggah,
-          File...         : untuk meng-unggah data yang berbentuk file (apa saja tipenya)
-          Aktifkan Unggahan Folder...        : untuk meng-unggah data yang berbentuk folder
  • 8.      Silahkan cari tempat penyimpanan file yang akan diunggah, dipilih dan kemudian klik tombol Open
    Input file
  • 9.      Selanjutnya akan muncul tampilan peng-unggahan seperti gambar di bawah ini
    Unggah selesai
  • 10.  Berhasil! Data file anda sudah berhasil di simpan di google drive, dan dapat diakses/dibuka dimanapun anda mau.
    Data sudah Tersimpan
Sampai disini, cara menyimpan data online di google drive selesai semoga bermanfaat.

Post a Comment