Cara Merawat Baterai Android dengan Benar agar Tahan Lama

Loading...
Loading...
Cara Merawat Baterai Android dengan Benar agar Tahan Lama - Umumnya hp smartphone android baterainya boros, cepat habis dan tidak tahan lama, berbeda dengan hp biasa yang aplikasinya sangat terbatas. Sehingga untuk menanggulanginya, pengguna android seringkali menyiapkan power bank untuk mengantisipasi permasalahan baterainya. 

Dalam menggunakan power bank pun harus tahu bagaimana cara memilih power bank yang baik, jangan sampai salah memilihdan menggunakan power bank.
Cara Merawat Baterai Android
Cara Merawat Baterai Android
Pada kesempatan ini, saya tidak akan membahas tentang power bank, tapi akan membahas tentang cara merawat baterai android yang baik agar tahan lama. Walaupun telah banyak perusahaan yang bersaing untuk menciptakan baterai yang di klaim; lebih lama, lebih awet, proses pengisian lebih cepat dan sebagainya. 

Namun, jika kita tidak bisa merawat baterai tersebut dengan baik, bisa jadi malah android kita yang jadi korban. Seperti yang mungkin pernah kita dengar bersama, hp smartphone android terbakar gara-gara memakai kabel pengisian yang asal-asalan.

Cara Merawat Baterai Android yang Baik agar Tahan Lama:

  • Tidak mencabut baterai sebelum pengisian penuh 100%

Pengisian baterai android sampai penuh hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 3 jam, tapi kebanyakan pengguna android tidak sabar untuk segera mencabut walaupun belum sampai terisi penuh 100%, sehingga akan berdampak pada baterai ponsel dan akan memperpendek usia baterai android kita.
  • Matikan Hp ketika pengisian baterai

Selain untuk memperpanjang usia baterai, langkah ini juga akan mempercepat proses pengisian karena proses pengisian bisa lebih maksimal tanpa terganggu dengan berbagai hal saat hp dalam keadaan hidup atau aktif. Apalagi sambil menggunakan hp saat pengisian, hal ini sangat tidak dianjurkan.
  • Pakailan aplikasi penghemat baterai

Sekarang ini banyak sekali aplikasi gratis yang dapat kita download untuk menghemat baterai kita, seperti Du Battery, And adapt dan lain sebagainya.
  • Hentikan program berjalan yang dirasa tidak terlalu penting

Misalnya, mematikan bluetooth ketika sudah selesai dipakai karena dapat mengurangi daya baterai kita walaupun tidak terlalu besar.
  • Mengatur kecerahan layar

Salah satu solusi agar baterai tetap awet adalah dengan mengatur kecerahan layar hp dibuat lebih redup.
  • Isikan baterai pada tegangan listrik yang stabil

Usahakan jangan mengisi baterai android anda pada tegangan yang tidak stabil, misalnya pada mobil, jenset, disel dan lainnya. Kecuali sangat terpaksa.
  • Cabut baterai segera setelah pengisian penuh 100%

Tidak segera mencabut baterai setelah pengisian penuh sangan tidak baik bagi hp kita, biasanya hal ini terjadi sambil tiduran saat pengisian atau lupa.
  • Usahakan gunakan kabel yang asli

Gunakan kabel pengisian bawaan dari perusahaan tempat kita membeli hp adalah solusi yang terbaik, namun apabila charger kita hilang, usahakan tetap membelinya yang asli walaupun lebih mahal. Karena banyak kejadian saat memakai kabel yang biasa atau palsu; pengisian lebih lama, bahkan terkadang dapat menyebabkan kebakaran.
  • Hentikan pemakaian saat suhu hp mulai memanas

Usahakan untuk menghentikan pemakaian ketika suhu hp meningkat, dan gunakan kembali setelah dingin.

Demikian cara merawat baterai android dengan baik agar tahan lama, semoga bermanfaat bagi kita dan hp kita semua.

Loading...
Post a Comment