Cara Mudah dan Aman Melakukan Wipe Android



Cara Mudah dan Aman Melakukan Wipe Android – Apa itu Wipe? Wipe adalah pembersihan data. Ketika kita ingin mengganti hp lama kita dengan hp yang baru, atau menghadiahkan hp android kita ke orang lain biasanya kita membersihkan (wipe) dulu data-data yang ada baik berupa foto, video, kontak, akun serta history ataupun jejak file lainnya di perangkat android lama kita. 


Namun, setelah melakukan perbersihan (wipe) di perangkat android, terkadang data-data lama dan history serta jejak file lainnya masih bisa ditampilkan kembali (recovery). Ini tentunya menjadi masalah, karena data kita biasanya ada yang bersifat pribadi. Trus bagaimana menanggulangi hal ini? Simak penjelasan berikut! 
Wipe Android

Cara Mudah dan Aman Melakukan Wipe di Perangkat Android


  • Encription


Untuk keamanan data, sebelum melakukan pembersihan atau wipe android sebaiknya lakukan enkripsi terlebih dahulu. Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh karena itu sebaiknya siapkan power bank atau kondisikan baterai anda benar-benar full. Caranya melakukan enkripsi adalah; pilih Setting kemudian Scurity dan Encription selanjutnya masukkan PIN.

Manfaatnya enkripsi sebelum melakukan wipe android adalah sebagai langkah antisipasi apabila setelah melakukan wipe android masih ada data yang tertinggal. Dengan cara ini data tidak dapat dibuka, kecuali setelah memasukkan PIN.

  • Factory Reset


Fungsi dari factory reset ini adalah untuk menghapus semua data yang ada di perangkat android kita. Caranya gampang sekali, silahkan pilih Factory Reset pada bagian Backup and Reset.

  • Membuat Data Dummy


Langkah yang ketiga ini maksudnya adalah memasukkan kembali data-data palsu kedalam perangkat android baik berupa, poto profil palsu, akun gmail palsu, alamat palsu, kontak palsu dan data-data palsu lainnya.

  • Kembali Melakukan Factory Reset


Tujuan dari factory reset yang kedua ini adalah untuk menghapus data-data palsu yang kita masukkan pada langkah ke tiga tadi. Manfaatnya adalah kalaupun toh nanti setelah kita melakukan pembersihan ini masih ada data yang dipulihkan kembali (recovery), data-data itu adalah data palsu.

Oke, demikian cara Mudah dan Amanmelakukan wipe Android. Semoga bermanfaat.
Post a Comment