Cara Riset Keyword (Kata Kunci) dengan Google Keyword Planner

Infokubagus.com - Setiap menulis artikel di blog, pasti kita mempunyai tujuan; baik sekedar berbagi info, sekedar menuangkan hobi dan pengalaman atau bahkan menginginak banyak pengunjung yang membaca artikel di blog kita.

Kalau hanya sekedar untuk menuangkan hobi atau pengalaman pribadi dan tidak terlalu berharap harus ada orang yang mau mengunjungi dan membaca blog kita, maka artikel ini tidak tepat untuk anda dan tidak perlu repot-repot melakukan riset keyword (riset kata kunci).


Tapi, bila anda menginginkan artikel blog anda banyak dibaca oleh pengunjung berarti anda harus membaca artikel ini sampai habis dan mempraktekkannya setiap kali ingin menulis artikel di blog supaya menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Mengapa harus melakukan riset keyword (riset kata kunci)? Manfaat melakukan riset kata kunci ini adalah kita dapat mengetahui berapa jumlah pencari tiap bulannya terhadap “kata kunci” yang kita selipkan pada artikel. 

Riset keyword (riset kata kunci) juga bermanfaat untuk mengetahui seberapa banyak persaingan dari blog yang menulis tema yang sama.

Banyak sekali cara melakukan risetkeyword, namun pada kesempatan ini saya hanya ingin sharing salah satunya, yaitu cara riset keyword dengan google keyword planner.
Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner
Riset keyword

Cara riset keyword dengan google keyword planner


1.      Anda harus membuat akun google (email), apabila belum punya akun silahkan baca caramembuat akun di google.

2.      Silahkan masuk ke halaman Google AdWords: Keyword Panner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)
Google AdWords

3.      Silahkan Sign In dengan akun google (email) milik kita.
Sign In

4.      Maka akan muncul tampilan, seperti pada gambar. Pilih Tools dan Search for new keyword and ad group ideas.
Tools

5.      Tuliskan kata kunci, misalnya “resep es krim”. Kemudian klik Get Ideas.
Input kata kunci

6.      Makan akan muncul tampilan seperti pada gambar, kemudian klik Keyword ideas.
Keyword Ideas

7.      Disana akan muncul tampilan jumlah pengunjung dari kata kunci “resep es krim” yang kita cari, kompetisi atau persaingannya, sekaligus kata kunci turunan dan kita juga bisa mendownload seluruh kata kunci turunan dari “resep es krim”.
Kata kunci turunan

8.      Sebaiknya (khusus pemula, wajib) kita memilih yang kompetisinya rendah (low).

Oke, setelah melakukan riset kata kunci ini, kita menjadi yakin bahwa kata kunci yang kita buat memang benar-benar ada yang mencarinya. 

Untuk melengkapi artikel ini silahkan baca cara mengetahui jumlah yang pasti kompetisi kata kunci kita. Selamat mencoba.