Pengertian Internet Service Provider (ISP), Contohnya dan Cara Memilih ISP yang Bagus di Indonesia

Pengertian Internet Service Provider(ISP), Contohnya dan Cara Memilih ISP yang Bagus di Indonesia – Kita semua bisa menggunakan layanan internet dengan berbagai fasilitasnya, seperti; mencari informasi dengan mudah dan cepat, berkomunikasi menggunakan social media (facebook, whatsapp, line dan lain-lain) dengan biaya yang murah. 

Semua itu bisa membutuhkan koneksi internet yang didapatkan dari Internet Cervice Provider (ISP). Jadi, apa pengertian (ISP) internet service provider?
ISP

Pengertian Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider adalah perusahaan penyedia layanan atau jasa sambungan internet atau yang lainnya yang masih terkait. Perusahaan ini memiliki infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke jaringan internet yang akan membagi kapasitas koneksi yang dimilikinya kepada para konsumen yang membutuhkan jasa koneksi internet. 

Sistem yang diterapkan oleh perusahaan ISP ini biasanya dengan cara berlangganan tiap bulan, atau per-triwulan atau bahkan tahunan, tapi lebih banyak perusahaan penyedia layanan internet ini yang menggunakan sistem kuota.

Setelah anda memahami pengertian Internet Service Provider (ISP), tentunya keberadaan perusahaan penyedia layanan internet ini memang benar-benar sangat kita butuhkan. Namun, kita juga harus pandai memilih ISP yang bagus, seperti apa ISP yang bagus itu?

Cara Memilih ISP yang Bagus

  • Kecepatan koneksi atau transfer data

Sebagai pengguna jasa layanan internet, kita harus mengetahui berapa kecepatan transfer data yang ditawarkan oleh perusahaan ISP tersebut. Walaupun untuk satu Perusahaan ISP umumnya menyediakan beragam speed transfer data, sesui dengan kebutuhan dan isi kantong konsumen.
  • Jenis modem yang digunakan

Pilihlah perusahaan ISP yang menyediakan modem digital atau modem yang support dengan 3G dengan menggunakan wireless unyuk sambungan internetnya.
  • Fitur tambahan

Untuk menarik minat konsumennya, perusahaan ISP biasanya memberikan beberapa fitur tambahan. Pilihlah perusahaan ISP yang menyediakan lebih banyak fitur tambahannya.

Oke, sampai di sini kita sudah ada gambaran tentang pengertian internet service provider dan cara memilih ISP yang bagus. Selanjutnya kita akan bahas contoh-contoh perusahaan ISP (penyedian layanan internet) yang ada di Indonesia.

Contoh ISP di Indonesia

  • Telkom Speedy
    Telkom Speedy

Nama perusahaan ISP yang satu ini tentunya tidak asing di telinga kita, Telkom Speedy adalah produk dari PT. Telkom Indonesia. Perusahaan ini menawarkan produk yang cukup bagus dengan koneksi internet yang stabil. Biasa dipakai oleh perorangan atau rumah tangga.
  • Astinet (Acces Service Dedicate to Internet)
    Astinet

Astinet juga merupakan salah satu produk dari PT. Telkom Indonesia, bedanya dengan Telkom Speedy. Astinet ini menawarkan jasa layanan internet dengan skala yang lebih besar. Biasanya dipakai oleh kantor instansi atau sekolah yang membutuhkan kapasitas yang lebih besar.
  • IM2
    IM2

IM2 adalah perusahaan ISP yang menyediakan layanan sambungan internet milik PT. Indosat, selain menyediakan layanan sambungan internet IM2 juga melayani jasa Hosting dan sewa domain.
  • Centrin
    Centrin


Centrin adalah perusahaan penyedia layanan internet yang dimiliki oleh PT. Centrin Online, menawarkan jasa dengan infrastruktur yang cukup canggih.
  • Cellulers Provider
    Smartfren

Pada saat ini hampir semua provider seluler yang terkenal sudah menyediakan layanan sambungan internet atau ISP, umumnya berbasis kuota dan dapat diaktifkan dengan pake tertentu. Layanan ini yang umum dipakai oleh pengguna jasa hp smartphone android.

Demikian pembahasan secara detail tentang pengertian internet service provider (ISP), cara memilih ISP yang bagus dan contoh-contoh ISP di Indonesia. Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat.
Post a Comment