Pengertian Web Server Terlengkap Menurut Para Ahli beserta Contoh dan Fungsinya



Pengertian Web Server Terlengkap Menurut Para Ahli beserta Contoh dan Fungsinya – Pada kesempatan ini, saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang anda cari tentang; pengertian web server, baik menurut kesimpulan para ahli IT, pengertian web server secara umum, maupun pengertian web server menurut pengalaman pribadi saya. Saya juga akan menyertakan contoh-contoh web server beserta fungsi-fungsinya.

Pengertian Web Server

Apa yang dimaksud dengan web server?

Web server adalah suatu server yang memberikan layanan kepada konsumen yang meminta informasi yang berkaitan dengan web. 

Bisa juga diartikan bahwa web server adalah salah satu layanan internet yang menjadi media yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sesuatu. 

Atau bisa juga diartikan bahwa web server adalah suatu aplikasi untuk mengatur pengiriman data dari server  kepada komputer client sesuai dengan yang dimintanya. 

Pada intinya web server adalah tempat penyimpanan data web. 

Kesimpulannya, pengertian web server adalah merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan http atau https dari client yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen html.

Contoh-contoh web server:


  1. Microsoft windows server

  2. Apache tomcat

  3. Xitami web server

  4. Zeus web server

  5. Lighttpd

  6. Sun java system web server

  7. Apache web server

  8. Nginx web server


Fungsi dari web server

Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer data dan seluruh berkasnya dalam sebuah web termasuk didalamnya teks, gambar, video dan lainnya atas permintaan client melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. 

Fungsi web server yang lainnya pada saat ini tidak terbatas hanya sebagai alat publikasi situs web dalam www (World Wide Web), pada prakteknya web server banyak pula difungsikan dalam perangkat-perangkat keras seperti printer, router, kamera web, cctv dan lainnya yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.

Oke, mungkin sebatas ini penjelasan singkat saya tentang pengertian web server, contoh-contoh web server dan fungsidari web server itu sendiri, semoga bermanfaat. 
Post a Comment