Cara Bayar Pajak Motor Online Terbaru

Infokubagus.com – Sebuah inovasi baru DISPENDA (Dinas Pendapatan Daerah) di beberapa wilayah Kota besar di Indonesia untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online (ATM).Memang program ini belum berjalan di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. hanya beberapa provinsi yang telah menyediakan layanan bayar pajak kendaraan bermotor secara online.Program ini sangat membantu sekali dan cukup bermanfaat. Para pembayar pajak tidak perlu repot – repot lagi antri di kantor samsat dengan antrian yang panjang yang terkadang butuh waktu seharian.

Gambar: Bayar Pajak motor Online

Cara Bayar Pajak Kendaraan ber-Motor Online

Berikut ini kami info kan beberapa wilayah yang sudah menerapkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cara online :
Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang akan sangat terbantu dengan adanya e-samsat yang digulirkan oleh pemerintah. Berikut ini pengaturan wilayah Samsat yang dapat diakses secara online, yaitu:
  • Wilayah DKI Jakarta, meliputi: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dapat dilayani online di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  • Wilayah Banten, seperti: BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja, dapat memproses STNK onlinenya di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.
  • Gambar: Samsat Online
  • Wilayah Jawa Barat, meliputi: Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi,pengurusannya dapat dilakukan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

Jawa Barat

Polda Jawa Barat dan pihak terkait melalui Samsat Terpadu, membuat inovasi dengan meluncurkan perpanjangan STNK online yang dapat dilakukan di semua wilayah Polda Jawa Barat. Walaupun prosesnya melalui online, namun tetap harus dilakukan di Samsat terdekat.

Contohnya: orang tinggal di Bekasi namun STNK nya dari Samsat Cirebon, maka tidak perlu ke Cirebon, dapat mengurus di Bekasi. Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat buka setiap hari kerja, dari pukul 08.00-16.00 WIB. Wilayahnya antara lain:

  • Polda Jabar: Seluruh Samsat Polda Jabar
  • Polda Metro Jaya: Samsat Bekasi dan Samsat Cikarang
Dalam menjalankan E-Samsat Polda Jawa Barat bekerjasama dengan Bank BJB. Sehingga nasabah Bank BJB dapat melakukan pembayaran pajak STNK melalui ATM Bank BJB, dengan syarat data pemilik rekening sama dengan data STNK. Berikut ini tahapan pembayaran STNK melalui E-Samsat Jawa Barat:
  • Kirim SMS ke 08112119211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat), dengan format: esamsat (no.chasis) (no.KTP) (email).
  • Lakukan pengecekan status data NIK/KTP, curanmor, dan blokir ke server Polda.
  • SMS balasan yang dikirim isinya: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.
  • Jika data kendaraan dan jumlah penetapan sudah disepakati, maka wajib pajak dapat membayarnya di ATM Bank BJB.
  • Ikuti langkah pembayaran di ATM dengan cara memilih opsi pajak kendaraan dengan memasukkan kode pembayarannya.
  • Jika sudah selesai akan mendapatkan struk tanda bukti bayar pajakserta memperoleh SMS konfirmasi pembayaran pajak motor.
  • Kemudian datang ke kantor Samsat untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD.

DKI Jakarta

DKI Jakarta pun meluncurkan E-Samsat dan menamainya dengan Samsat Drive Thru bekerjasama dengan Bank DKI. Sehingga pemilik rekening Bank DKI dapat membayar pajak STNK melalui ATM terdekat. Sedangkan yang bukan nasabah Bank DKI dapat membayar pajak melalui loket bank dan beberapa tempat Samsat Drive Thru berada, seperti:
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan
  • Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat
Program Drive True ini sangat simple karena STNK, BPKB, dan KTP hanya diberikan atas nama BPKB, untuk selanjutnya melakukan pembayaran.

Jawa Timur

E-Samsat besutan Jawa Timur memiliki fitur lebih baik dibandingkan E-Samsat Jawa Barat. Karena pembayaran STNK tidak hanya melalui ATM, namun dapat dibayar di teller Bank Jawa Timur, bahkan dapat diakses melalui mobile banking dan Internet banking.

Untuk sistem pembayarannya, anda dapat mengunjungi situs Bank Jatim. Cukup masukkan data ke web e-samsat Jatim, kemudian ikuti beberapa petunjuk yang ada.

Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah juga menerapkan sistem Samsat Online yang bermitra dengan Bank Jateng. Sayangnua pembayaran pajak secara online ini hanya bisa dilakukan di ATM Samsat Bank Jateng. ATM ini khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang membayar pajak secara online. Untuk lebih jelasnya silahkan anda kunjungi laman web Dispenda Jateng. 

Semoga artikel Cara Bayar Pajak Motor Online Terbaru bermanfaat bagi anda