Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online – Menjadi peserta JKN BPJS Kesehatan adalah wajib bagi seluruh warga negara Indonesia, bahkan saat ini untuk bayi yang masih dalam kandungan-pun di tuntut untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan.
 
Bagi perusahaan yang memperkerjakan karyawan juga diwajibkan untuk mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Peraturan ini berlaku mulai 1 Januari 2015.

Namun sebelum membahas langkah demi langkah pendaftarannya infokubagus akan memberikan sedikit penjelasan mengenai JKN dan BPJS dikarenakan masih banyak yang tidak paham. Apa itu JKN?, apa itu BPJS?, apakah ada bedanya?, lantas apa hubunganya dengan cara daftar BPJS nantinya?. Nah pertanyaan tersebut kadang masih sering kita dengar. Agar lebih memahami kedua istilah tersebut mari kita bahas satu persatu.

www.infokubagus.com
Gambar: Halaman Utama Pendaftaran BPJS Online


JKN dan BPJS

JKN merupakan kependekan dari Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan program pelayanan kesehatan dari pemerintah dengan mengusung sisem asuransi. Dengan demikian natinya rakyat Indonesia yang terdaftar sebagai anggota diwajibkan untuk menyisihkan sebagian uang mereka dalam bentuk asuransi yang menjamin kesehatan mereka dimasa mendatang.

Lantas bagaimana nasib masyarakat yang tidak mampu alias miskin? jangankan untuk menyisihkan uang, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit. Tak usah khawatir, bagi mereka akan dikelompokkan dalam PBI (Penerima Bantuan Iuran) akan ditanggung oleh pemerintah. Maka tidak ada lagi alasan mereka yang susah tidak memeriksakan kesehatannya.

Sedangkan BPJS merupakan kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang mana terdapat dua jenis yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS kesehatan ini bukan sesuatu yang baru sebenarnya, sebelumnya kita sudah mengenalnya yaitu PT ASKES dan BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah perubahan dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Apakah ada perbedaan antara JKN dan BPJS? jawabannya tentu saja ada bedanya. JKN adalah nama program yang diselengarakan, sedangkan BPJS adalah badan penyelenggaranya dimana nanti kinerja mereka akan diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

Sejauh ini mungkin para pembaca yang budiman mulai mendapat gambaran dari penjelasan diatas. Baiklah setelah memahaminya kini kita kembali ke pembahasan semula yaitu cara mendaftar BPJS secara online.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online

Peserta BPJS Kesehatan perorangan adalah setiap pekerja bukan penerima upah wajib yang mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya secara mandiri sebagai peserta BPJS Kesehatan dengan membayar iuran yang telah ditetapkan.

Saat ini BPJS Kesehatan semakin mempermudah masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, yaitu diantaranya dengan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan secara online.

Syarat mendaftar BPJS Kesehatan

Sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan bagi perorangan secara online, hendaknya melengkapi berkas persyaratan pendaftaran, yaitu sebagai berikut:

1.      Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2.      Kartu Keluarga (KK)
3.      Kartu NPWP(kalau ada)
4.      Alamat e-mail yang masih aktif
5.      Nomor HP yang bisa dihubung
6.      Mempersiapkan biaya iuran bulanan sebesar;
-          Kelas III sebesar Rp 25.000,00 perbulan
-          Kelas II sebesar Rp 42.500,00 perbulan
-          Kelas I sebesar Rp 59.500,00 perbulan

Update  info iuran BPJS 2016 yang mengalami kenaikan sebagai berikut
Kelas 1/ orang dari Rp 59.500 menjadi Rp 80.000
Kelas 2/ orang dari Rp 42.500 menjadi Rp 51.000
Kelas 3/ orang dari Rp 25.500 menjadi Rp 30.000
Sedangkan bagi peserta PBI harus membayar dari yang sebelumnya Rp 19.225 menjadi Rp 23.000 untuk semua kelas.

Ketentuan menjadi peserta BPJS Kesehatan



  1. Peserta BPJS Kesehatan harus mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan
  2. Peserta BPJS Kesehatan harus mendaftarkan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan juga, termasuk Bayi yang masih dalam kandungan.
  3. Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar iuran bulanan tidak lewat dari tanggal 10 tiap bulannya, besarnya sesuai dengan kelas yang dipilihnya
  4. Peserta BPJS Kesehatan harus melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarganya. Perubahan tersebut meliputi perubahan fasilitas kesehatan, perubahan jumlah anggota keluarganya karena meninggal atau melahirkan atau perubahan keluarga tambahan
  5. Peserta BPJS Kesehatan wajib menjaga identitas peserta (e ID atau Kartu BPJS Kesehatan) agar tidak hilang atau rusak atau dimanfaatkan oleh orang lain.

Cara daftar BPJS Kesehatan perorangan secara online


1.      Buka situs resmi BPJS Kesehatan (http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/)
2.      Pilih menu Pendaftaran Online
Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online
Halaman websit BPJS Kesehatan

3.      Selanjutnya akan muncul halaman pernyataan menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Silahkan ceklist [ΓΌ] pada kotak pernyataan “saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan” di bagian akhir halaman. Kemudian klik Pendaftaran.


Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online


4.      Selanjutnya akan muncul halaman Pendaftaran Peserta. Pada halaman ini anda harus mengisikan Nomor Kartu Keluarga secara benar, maka semua data kartu keluarga anda akan tampil secara otomatis. Selanjutnya klik Proses Selanjutnya

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online


Ada hal-hal yang harus diperhatikan pada halaman ini, yaitu:

  • Keabsahan nomor kartu keluarga (KK) akan divalidasi oleh sistem
  • Anggota keluarga tambahan yang terdapat pada kartu keluarga (KK) tersebut dapat didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan, meliputi orang tua, mertua, pembantu, sopir dan lain-lain.
  • Apabila ada anggota keluarga yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan harap melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

5.  Selanjutnya silahkan ikuti langkah demi langkah yang diarahkan sampai muncul halaman aktivasi pendaftaran peserta BPJS Kesehtan.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online


6.      Setelah proses aktivasi pendaftaran selesai dan berhasil. Anda belum bisa langsung mencetak kartu BPJS Kesehatan (e ID). Anda harus terlebih dahulu membayar biaya iuran BPJS Kesehatan sesuai kelas yang anda daftar.


7.      Pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakunan melalui ATM atau pembayaran secara langsung melalui teller bank yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, BNI dan BRI.


8.      Setelah melakukan pembayaran, anda dapat mencetak kartu e-ID BPJS Kesehatan dengan cara meng-klik atau membuka ulang link aktivasi pendaftara pada email konfirmasi anda. 


9.      Kartu e-ID BPJS Kesehatan yang telah anda cetak sudah dapat digunakan untuk berobat pada faskes yang telah anda tentukan. Berikut contoh kartu e-ID BPJS Kesehatan yang sudah di cetak.
Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online


10.  Kartu e-ID ini nantinya dapat ditukar dengan Kartu BPJS Kesehatan pada kantor BPJS Kesehatan dengan menyertakan e-ID dan KTP asli anda.

Demikian Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan secara Online. Semoga bermanfaat

Tentang BPJS Lengkap :
- Pusat layanan informasi BPJS Kesehatan: 500-400 (hotline service)
- Cara membayar BPJS Kesehatan secara Online
- Aplikasi gratis BPJS Kesehatan untuk android