Panduan Lengkap Cara Pendafaran SNMPTN 2015 secara Online

Infokubagus.com – SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu cara PTN (perguruan tinggi negeri) untuk menjaring siswa – siswi lulusan SMA yang berprestasi yang diselenggarakan secara gratis.

Info Pendaftaran online SNMPTN 2015

Sebenarnya ada bebarapa cara untuk mendaftarkan diri untuk kuliah di perguruan tingggi negeri (PTN) yang menjadi impian, selain dengan cara SNMPTN seperti SNMPT, SBMPTN dan Beasiswa bidikmisi SNMPTN serta Seleksi Mandiri masuk perguruan tinggi dan masih banyak lagi.
Panduan Lengkap Cara Pendafaran SNMPTN 2015 secara Online
Gambar: SNMPTN 2015

Jumlah pilihan PTN dan program studi

Dan terdapat puluhan bahkan ratusan perguruan favorite yang dapat dipilih sebagai kampus tujuan belajar yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Setidaknya di sini akan disebutkan 5 besar perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling diminati oleh para calon mahasiswa di Indonesia adalah;

1.      UGM (Universtas Gajah Mada) di Jogjakarta


2.      UI (Universitas Indonesia) di Jakarta


3.      ITB (Institut Teknologi Bandung) di Bandung


4.      IPB (Institut Pertanian Bogor) di Bogor


5.      UNSRI (Universitas Sriwijaya) di Palembang

Semua kampus tujuan tersebut menyediakan pendaftaran secara online pada semua program, dan program studi yang paling diminati adalah kedokteran, ekonomi, hukum, teknik, pertanian, komputer, keguruan dan lain – lainnya.

Adapaun ketentuan bagi calon pendaftar SNMPTN adalah sebagai berikut;

1.      Setiap siswa pendaftar dapat memilih satu PTN yang diminati dan maksimal dapat memilih dua PTN dengan syarat salah satu PTN harus berlokasi satu provinsi dengan tempat sekolah asalnya di SMA

2.      Setiap siswa pendaftar dapat memilih program studi maksimal 3 (tiga) program studi dengan syarat untuk satu PTN tidak lebih dari dua program studi.

3.      Urutan PTN dan program studi menyatakan urutan prioritas pilihan

4.      Untuk siswa pendaftar dari SMK atau MAK hanya diizinkan memilih program studi yang telah ditentukan oleh setiap PTN.

Jadwal pendaftaran SNMPTN 2015 secara online

Adapun jadwal pelaksanaan SNMPTN 2015 adalah sebagai berikut;
NO
URAIAN
WAKTU
1
Pengisian dan verifikasi PDSS
22 Januari 2015 – 12 Maret 2015
2
Pendaftaran SNMPTN
13 Februari 2015 – 15 Maret 2015
3
Pencetakan kartu peserta SNMPTN
14 April 2015 – 28 April 2015
4
Proses Seleksi
16 Maret 2015 – 8 Mei 2015
5
Pengumunan hasil seleksi SNMPTN
9 Mei 2015
6
Proses verifikasi dan daftar ulang di PTN masing-masing yang lulus seleksi
9 Juni 2015
Bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2015

Cara Pendaftaran SNMPTN 2015

Pendaftara SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi di sekolah asalnya (SMA) dan mendapatkan undangan resmi untuk jalur SNMPTN. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti penjelasan berikut ini.

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran oleh siswa.

A.    Pengisian dan Verifikasi PDSS

1.   Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman (http://pdss.snmptn.ac.id)

2.   Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.

3.   Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.

4.   Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

B.     Pendaftaran SNMPTN

1.      Siswa pendaftar adalah yang mendapatkan undangan dari pihak sekolah dan mendaftar menggunakan NISN dan Password yang diberikan oleh sekolah dan didapatkan pada waktu verifikasi data PDSS 

2.      Setelah memasukkan NISN dan Password untuk login di situs SNMPTN (www.snmptn.ac.id) siswa akan diarahkan untuk mengisi biodata, pilihan PTN, pilihan program studi, mengupload photo dan dokumen resmi pada formulir yang telah disediakan sampai selesai.

3.      Setelah menyelesaikan pengisian formulir, siswa harus mencetak bukti pembayaran dan kartu peserta untuk mengikuti tes.

4.      Selanjutnya siswa pendaftar tinggal mengikuti tes, untuk jadwal dan tempat tes sudat tertera pada kartu peserta. Adapun hal – hal yang harus disiapkan pada waktu tes adalah sebagai berikut;

-          KTP (kartu tanda penduduk) asli
-          KK (kartu keluarga) asli
-          Kartu peserta SNMPTN yang telah dicetak
-          Ijazah dan SKHU atau tanda bukti kelulusan lainnya yang asli dan telah dilegalisir oleh kepala sekolah.