Panduan Lengkap Pendaftaran SBMPTN 2015 secara Online

Loading...
Loading...
Infokubagus.com – SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur alternatif untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Berbeda dengan pendaftaran melalui SNMPTN, SBMPTN ini merupakan seleksi bersama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui sisterm ujian tertulis.

Pendaftaran online SBMPTN 2015

Setiap siswa calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online di seluruh pelosok negeri ini tanpa terkecuali. Pelaksanaan rangkaian pendaftaran SBMPTN secara umum dilaksanakan setelah pendaftaran SNMPTN, biasanya siswa yang tidak lulus pendaftaran jalurSNMPTN akan mengikuti pendaftaran melalui jalur SBMPTN.
Panduan Lengkap Pendaftaran SBMPTN 2015 secara Online
Gambar: SBMPTN 2015

Persyaratan pendaftaran SBMPTN 2015

Untuk dapat melakukan pendaftaran perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN tidaklah serumit dibandingkan melalui jalur SNMPTN. Untuk mendaftar SBMPTN siswa hanya dimintakan untuk melengkapi berkas sebagai berikut;

1.      Menyertakan tanda bukti ijazah atau surat keterangan lulus yang dikeluarkan oleh kepala sekolah

2.      Membayarkan biaya pendaftaran melalui bank Mandiri sebesar Rp 100.000,00

3.      Mengisi biodata pada formulir pendaftaran secara online melalui laman www.sbmptn.or.id


Adapaun perguruan tinggi negeri (PTN) yang tergabung dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN dan jalur masuk beasiswa bidikmisi SBMPTN adalah hampir seluruh perguruan tinggi negeri di seluruh wilayah Indonesia kurang lebih sejumlah 63 PTN.

Waktu terkait pendaftaran SBMPTN 2015


1.      Pendaftaran online SBMPTN dibuka mulai tanggal 12 Mei 2015 sampai 6 Juni 2015 pukul 10.00 WIB

2.      Ujian tertulis 17 Juni 2015

3.      Ujian Keterampilan 18 Juni 2015 – 19 Juni 2015

4.      Pengumuman kelulusan SBMPTN pada tanggal 16 Juli 2015 pukul 17.00 WIB.

Cara pendaftaran SBMPTN 2015 secara online


1.      Pastikan anda sudah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 melalui bank Mandiri baik secara langsung maupun melalui ATM Mandiri atau SMS banking dan internet bangking.

2.      Silahkan buka situs resmi SBMPTN (www.sbmptn.or.id) untuk mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN dan mecetak hasilnya.

3.      Setelah mendapatkan KAP dan PIN, selanjutnya adalah login melalui situs pendaftaran SBMPTN (pendaftaran.sbmptn.or.id) untuk melengkapi data pendaftaran sampai batas waktu pendaftaran yang telah ditetapkan.

4.      Setelah melengkapi semua data pada formulir pendaftaran SBMPTN secara online melalui situs resmi seperti di atas, selanjutnya silahkan melakukan konfirmasi biodata diri yang disesuaikan dengan identitas dan surat keterang lulus.

5.      Pada setiap pengisian data yang meminta untuk mengupload data, perlu diperhatikan ukurannya tidak boleh melebihi 100 KB.

6.      Setelah semua data telah terisi, silahkan isikan nama perguruan tinggi (universitas), program studi, tempat tes dan lainnya.

7.      Setelah semuanya selesai silahkan cetak bukti pedaftaran yang didalamnya tertera identitas lengkap, nomor peserta, waktu tes, tempat tes dan beberapa informasi lainnya yang digunakan untuk tes.

8.      Jangan lupa pada waktu tes untuk membawa KTP, KK, Ijazah atau SKHU atau surat keterangan lulus, kartu pendafatan dan tanda bukti pembayaran.


Demikian informasi mengenai pendaftaran SBMPTN 2015. Bagi siswa yang lusus pada jalur pendaftaran PTN melalui SBMPTN maupun melalui jalur pendaftaran SNMPTN, semuanya dapat mengikuti program beasiswa bidikmisi 2015.


Loading...