Cara Mendapatkan LoA ( Letter of Acceptance )

Cara Mendapatkan LoA ( Letter of Acceptance )

LoA atau Letter of Acceptance, atau dikenal juga dengan Letter of Guarantee. Biasa kita baca di  persyaratan-persyaratan beasiswa luar negeri. Bagi kalian yang baru pertama kali mendaftar beasiswa luar negeri, mungkin akan bertanya-tanya, untuk apa LoA tersebut? Jadi LoA adalah surat yang menunjukkan bahwa kita telah diterima menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

Gambar : Cara Dapat LoA

LoA terbagi menjadi dua jenis, yaitu LoA conditional dan LoA unconditional. LoA unconditional artinya kita sudah diterima pada universitas tersebut tanpa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi. Sedangkan untuk LoA conditional artinya kita diterima di universitas tersebut dengan syarat, misalnya harus menyerahkan sertifikat bukti kemampuan bahasa Inggris ( TOEFL atau IELTS ). Apabila persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka LoA conditional akan menjadi LoA unconditional.

baca juga : Beasiswa Penuh S2 di Selandia Baru oleh ADB-JSP Program


Kemudian untuk mendapatkan LoA adalah dengan cara mendaftarkan diri ke universitas di luar negeri. Pertama, tentukan dulu negara tujuan mana yang ingin kamu tuju sebagai tempat studi kamu. Kamu bisa googling negara destinasi kuliah kamu, kemudian dari mbah google akan diarahkan ke situs masterportalnya negara tersebut. 

Kemudian ketikkan bidang studi yang ingin diambil, nah nanti akan muncul nama-nama universitas beserta detailnya. Dari situ, kamu bisa crosscheck juga ke web ranking universitas dunia untuk melihat universitas tadi berada di ranking berapa. Lebih bagus lagi kalau termasuk 200 besar dunia.

Jika di Eropa, rata-rata pendaftaran masuk universitasnya sudah menggunakan sistem online, sehingga kalian tinggal mengisi formulir pendaftaran onlinenya saja. Upload dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kemudian tinggal menunggu hasil pengumuman diterima atau tidaknya. Untuk pendaftarannya tidak dikenakan biaya alias gratis, tapi di beberapa tempat ada juga sih yang bayar. Semuanya sudah tertulis jelas pada website universitas masing-masing. 
Lalu jika sudah mendapatkan email bahwa telah diterima, maka LoA akan dikirimkan, jika berupa hardcopy maka akan langsung dikirimkan ke alamat kalian, namun jika softcopy akan kalian terima lewat email. Makanya penting buat kalian untuk mencantumkan alamat jelas selengkap-lengkapnya, supaya LoA yang otw (on-the-way ) gak bakalan nyasar.

LoA inilah yang berguna untuk persyaratan beasiswa ke luar negeri nantinya, kalian bisa mendapatkan LoA yang berasal dari lebih dari 1 universitas di luar negeri. Sebagai contoh, kalian mendapatkan LoA dari Helsinki University untuk mendaftar LPDP di kesempatan pertama, kemudian kalian menggunakan LoA dari Radboud University Nijmegen untuk mendaftar Stuned, OTS, dan LPDP di kesempatan kedua. 


baca juga :Beasiswa Kuliah S1, S2, dan S3 Sains Dari Axol Bioscience

Jadi sebetulnya nggak ada kata susah kan untuk mendapatkan LoA? Kuncinya adalah sering-seringlah mencari info tentang universitas mana yang akan dituju, kemudian lengkapi seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan.